blog-img
21/11/2020

Webinar Biologi SMA Trimurti Surabaya

 Administrator  |   Pendidikan


Virus corona atau SARS-CoV-2, menurut laporan yang dimuat di bioRxiv virus ini ditemukan sebagai varian dari virus corona yang menyebabkan wabah severe acute respiratory syndrom (SARS) pada tahun 2002-2003. Alhasil, virus yang sedang mewabah ini diberi nama severe acute respiratory syndrome-related coronavirus 2 atau SARS-CoV-2". (dikutip dari Kompas.com) 

Pada webinar Biologi SMA Trimurti Kali ini, bertemakan tentang apa itu Covid19 (selanjutnya disebut sebagai SARS Cov 2), bagaimana penularannya, serta apa yang harus dilakukan. Narasumber pada webinar adalah Bapak Dr. Arif Rahman Nurdianto, dr. M.Imun, beliau adalah Dokter, Ahli Imunologi sekaligus Dosen Stikes RS Anwar Medika, Sidoarjo.

Dr. Arif  menjelaskan bahwa virus ini ditularkan awalnya dari kelelawar, dan kemudian menyebar antar manusia. virus menyebar melalui droplets dari salran pernafasan pasien yang terinfeksi, kontak langsung, dan benda benda sekitar yang terkontaminasi langsung.
Transmisi virus secara langsung berasal dari droplets / percikan langsung (baik dari bersin ataupun batuk) dengan jarak 1-2 meter. Transmisi tidak langsung ditularkan melalui droplet yang tumpah ke permukaan benda, dan / tersentuh tangan lalu menyentuh bagian tubuh tanpa mencuci tangan. Ada juga transmisi via airborne. Sirkulasi udara harus tetap diperhatikan, terutama daerah / ruangan tertutup yang menggunakan Air Conditioner.
Gejala gejala umum yang muncul pada pasien terkontaminasi virus Covid 19 seperti Demam, Batuk (kering, berdahak ataupun berdarah), gangguan pernapasan, nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot, gangguan penciuman, penurunan pengecapan, mual/muntah/ nyeri perut, diare dan lemas.  
Dr. Arif pun memberikan penjelasan terkait program 3T dalam membantu pemerintah, yaitu Tracing (Melacak sumber penularan baru), Testing (Pemeriksaan kontak erat dengan PCR / pemeriksaan RNA Virus dengan cara mengambil specimen virus melalui SWAB), dan Treating (Melakukan treatment terhadap pasien). Program ini wajib kita lakukan untuk membantu pemerintah mengurangi jumlah kasus Covid 19.
selain itu, Dr. Arif menambahkan untuk selalu : 1. Menggunakan Masker bila keluar rumah, 2. Menjaga jarak minimal 1 Meter dengan orang lain, 3. Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, 4. Sering mencuci tangan dan tidak menyentuh daerah wajah, 5. Istirahat yang cukup, 6. Makan makanan bergizi, 7. Olahraga fisik yang rutin, 8. Mengkonsumsi suplemen tambahan / vitamin seperti Vitamin C, D, E, dan Zinc.


Untuk lebih detail terkait hasil webinar, dapat dicek disini

Bagikan Ke:


Populer